• Hong!

    Sarah Andrieu, Wayang Golek dan Menara Eiffel


    Tak sekedar suka atau mengagumi wayang golek, Sarah Andrieu menjadi salah satu tokoh terkemuka dalam penelitian tentang warisan budaya Sunda tersebut. Ia mencurahkan perhatian pada kesenian khas tersebut secara mendalam, untuk mendalami setiap aspeknya. Sarah bahkan pernah tinggal beberapa lama di Giri Harja untuk mengumpulkan bahan-bahan penyusunan thesisnya. Tak tanggung-tanggung, ia juga mendalami seni tari Sunda dan karawitan.

    Keakraban Sarah dengan wayang golek tak perlu dipertanyakan. Sebuah foto yang diunggah blog konferensi budaya yang diselenggarakan di Sydney Australia, menunjukkan secara nyata kedekatan itu. Sang doktor perempuan tersebut terlihat membawa wayang golek, yang dilindunginya dengan kain, di sebuah pelataran di hadapan Menara Eiffel yang termasyhur di Paris.

    Wayang Golek manggung di dalam negeri, itu sudah biasa. Wayang Golek magelaran di luar negeri, kita sebut luar biasa. Tapi jika seorang warga negara asing membawa-bawa Wayang Golek di ruang publik, tak salah jika para pecinta wayang menggeleng-gelengkan kepala. Sangat luar biasa!

    No comments:

    Post a Comment

    Semar

    Opini

    Dasamuka